Friday, March 29, 2013

VARIO 125 ISS


Sejak keluarnya vario 125 ISS di Indonesia, sangat banyak menambahkan fiture terbaru untuk matic dikelasnya. Sebelumnya sudah dikeluarkan oleh pihak Honda, matik vario dengan berbagai macam versi. Dari vario 110, Vario techno, Vario 125 Techno, Vario 125 CBS, Vario 125 PGMFI dan yang terakhir Vario 125 ISS.

Sebelum keluarnya vario ISS ini, belum saya masukkan ke blog ini, karena saya lihat sih belum memenuhi syarat sebagai sepeda motor canggih. Tetapi dengan tambahan fiture ISS ini, maka pantas kalau si vario ISS ini masuk kedalam katagori sepeda motor canggih.

Vario 125 ISS ini adalah vario versi terlengkap dengan fiture andalan yaitu ISS (Idling stop system). ISS ini adalah fiture dimana saat tidak diperlukan maka mesin akan mati suri, seperti di lampu merah, depan toko,atau tempat-tempat yang hanya beberapa saat mengharuskan kita berhenti.

Sistem kerjanya adalah jika vario ini berhenti, lalu secara otomatis vario akan mematikan mesin, kemudian jika harus berjalan kembali, maka Pengendara tinggal putar gas (menaikan gas) seperti biasa, langsung deh vario hidup dan bisa langsung jalan. Efek dari sistem ini adalah penghematan bahan bakar sebesar 7 %. Hebat bukan..?

Seperti diketahui, vario 125 sudah menggunakan injeksi, jadi dari yang vario konvensional sudah menghemat sekitar 10 %. Ditambah adanya sistem ISS ini yang dapat menghemat 7 % maka total yang dapat dihemat adalah 17 % (dibanding vario konvensional).

Sebenarnya teknologi ini sudah diadopsi oleh mobil di Jepang, dan untuk sepeda motor sudah diaplikasikan untuk Honda PCX. Tapi harganya sangat mahal. Makanya dengan terobosan Honda yang mengeluarkan vario versi ISS yang notabene adalah kendaraan yang diproduksi untuk masyarakat umum dengan harga terjangkau (beda sekitar Rp. 450 ribu dari versi standard), maka pantas Vario ISS ini dinobatkan salah satu sepeda motor canggih..
Bravo...! Vario ISS


No comments:

Post a Comment