Saturday, March 16, 2013

SHOGUN FI


Ini adalah salah satu sepeda motor bebek yang paling berteknologi yang pernah dibuat oleh pabrikan besar di Indonesia. Shogun FI ini merupakan produk yang dikeluarkan berdasarkan riset terbaru dari pabrikan Suzuki. Dari sektor mesin diberi sentuhan teknologi yang terdepan dan belum perdah ada di kelasnya.Pada saat dikeluarkan sekitar tahun 2009 memang sudah ada sepeda motor yang menganut sistem injeksi, karena itulah agar dapat merebut pasar, pihak Suzuki harus mengedepankan sisi teknologi yang terbaru dan harus lebih unggul dari merek lain yang lebih dulu keluar.

Teknologi yang dipunyai Shogun FI dan sangat unggul sebagai berikut :
1. Teknologi Injeksinya menganut sistem DCP-FI 
DCP-FI adalah kepanjangan dari Discharge Pump Fuel Injection. Keistimewaan teknologi injeksi ini adalah digabungkannya beberapa komponen dari injector, fuel pump dan regulator menjadi satu. Jadi sistem injeksinya lebih solid & kuat juga minim perawatan.

2. Full automatis sistem injeksi
Dengan adanya 7 sensor maka, segala kondisi keadaan campuran bahan bakar yang diinjeksikan + udara akan dikontrol langsung oleh komputer (ECM) sehingga mendapakan pembakaran yang sempurna dan juga emisi yang rendah. Sistem full otomatis ini juga dikenal dengan sebutan close loop system.

Ke-7 sensor tersebut yang ada pada SHOGUN FI adalah :
  1. Sensor Temperatur Intake
  2. Sensor Tip Over
  3. Sensor Tekanan udara
  4. Sensor pengatur jumlah udara yang ada di dalam intake
  5. Sensor crank position
  6. Sensor Temperatur mesin
  7. Sensor pengukur gas buang pada knalpot.
3. Engine Balancer
Dengan adanya engine balancer, maka mesin akan minim getaran atau sangat halus.

4. Throttle position Switch
Semakin membuat konsumsi bahan bakar irit.

5. Piston menggunakan SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material)
Membuat piston tahan gesekan dan awet.

6. Combustion chamber

7. Casting Wheel 
Casting whell sangat sesuai dengan karakteristik sepeda motor, dengan style kipas yang sangat sporty.

8. Double disk brake
Dengan adanya rem cakram untuk roda depan dan belakang, membuat pengereman semakin pakem.

Dari teknologi dan fiture diatas, sangat pantas sepeda motor ini mendapat penghargaan Best Fiture & Value di negara gajah putih (Thailand).Tapi sangat disayangkan umurnya sangat pendek sekitar 2 tahunan (2008 - 2010),  oleh pihak Suzuki langsung di hentikan produksinya. Tanpa mengemukakan alasan yang jelas, tapi saya rasa karena kurang diterimanya sistem injeksi (pada saat itu) oleh konsumen di Indonesia.

Terlepas dari sudah discountinu-nya Shogun FI oleh pihak Suzuki, Produk ini merupakan produk tercanggih dizamannya karena menggunakan teknologi injeksi terbaru dengan 7 sensor dan juga kelebihan lainnya yang sudah dipaparkan diatas. 
BRAVO SHOGUN-FI....!!!!

No comments:

Post a Comment